Minggu, 20 Januari 2013

Wisata Kuliner Surabaya

 bertanya pada seorang rekan, tempat wisata mana saja yang ada di Surabaya. Dijawab “Wisata Kuliner”, karena Surabaya gudang makanan enak. Penasaran dengan pernyataan tersebut,  dalam waktu yang sangat singkat mencoba mencicipi beberapa kuliner di Surabaya. Memang masih buaannyyyaaaak lagi tempat kuliner yang maknyus di Surabaya, tapi berhubung lokasi yang tidak mudah dicapai dengan kendaraan umum, maka hanya mencari yang mudah dan dilewati saja.
Lontong Balap Rajawali
Lokasi nya di Jalan Rajawali, depan SPBU. Tempatnya sederhana di pinggir jalan raya, di atas trotoar, tanpa ada AC. Tapi rasanya mantap. Lontong disajikan dengan tahu goreng, tauge, lento dan kuah. Jika mau bisa menambah side menu sate kerang. Harga semangkok Rp 6.000 dan sate kerang Rp 500 / tusuk.

Depot Lontong Balap Rajawali

Lontong Balap Rajawali

Sate Kerang

Dapurnya


Bakso di Jembatan Merah Plaza
Lupa namanya, tempat bakso ini ada di lantai atas JMP, mal yang sepi pengunjung. Rasanya lumayan enak dan paling ramai dikerumuni dibanding penjual makanan lainnya di foodcourt JMP.
Bakso Jembatan Merah Plaza
Es Degan
Ini adalah es kelapa muda yang disajikan dengan air kelapa nya yang segar, dan pada umumnya di tempat penjual bakso pasti menyediakan es degan ini. Harganya bervariasi, kalau di pinggir jalan Rp 3.000 tapi kalau di mal Rp 7.000

Es Degan
Sakura Surabaya Plaza
Tempat makan di Surabaya Plaza yang tempatnya cukup nyaman, rasa masakan standard, tapi harganya itu ekonomisss banget. Murah-murah makanannya, paket berdua : cumi goreng tepung + kangkung cah + 2 nasi harganya : Rp 20.000.

Sakura - Surabaya Plaza
Zangrandi Ice Cream
Merupakan tempat es krim tertua di Surabaya, yang didirikan sejak tahun 1930 oleh Renato Zangrandi yang berasal dari Italia. Tempat ini sudah dikenal sejak jaman Belanda. Es krim nya beraneka ragam jenis nya, Copacabana (Rp 21.000), Tropicana Fruit (Rp 21.000), Monte Carlo (Rp 21.000), Banana Split (Rp 23.000), Puff Ice Cream (Rp 18.000), Zangrandi Pie (Rp 19.000) dan masih banyak lagi jenisnya.
Jl. Yos Sudarso no.15
Surabaya – Jawa Timur
Telp : (031) 5345820, 5461490
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB

Zangrandi Ice Cream

Suasana santai di teras

Banana split
Pasar Genteng
Sepanjang jalan terdapat toko-toko menjual oleh-oleh khas Surabaya, banyak sekali pilihan jenis nya. Tapi harganya menurut kami tidak terlalu ekonomis

Pasar Genteng
Pasar Atom
Di pasar yang terdapat di kawasan Surabaya Utara ini menurut kami adalah surganya kuliner. Aneka makanan dan jajanan tersedia disini, mulai dari lantai dasar sampai ke foodcourt, kami coba bagikan beberapa diantaranya.

Food court Pasar Atom
Cwie Kiauw Mie Depot Santong
Berada di lantai dasar Pasar Atom, Depot Santong ini menawarkan menu Cwie Kiauw Mie, Santong Cwie Kiauw, Pangsit Mie, Kwo Thiek, dan Cwie Kiauw Goreng. Cwie Kiaw Mie terdiri dari mie dengan 4 potong Cwie Kiaw. Rasanya maknyus…
Saya kurang paham apakah makanan ini halal atau tidak, secara kebanyakan yang makan disana adalah orang Tionghoa.
Harga semangkuk Cwie Kiauw Mie : Rp 20.000

Santong - Pasar Atom

Cwie Kiaw Mie
Rujak Cingur
Mirip dengan rujak di Jakarta, tapi isinya cukup mengejutkan kami karena ada sayuran, buah, mie, tauge, tahu goreng bahkan kikil.
Harga seporsi : Rp 12.000

Rujak Cingur
Bakwan Kapasari
Bakwan ini cukup terkenal dan harganya pun cukup premium. Bagi rekan Moslem, sekedar memastikan mohon ditanyakan dulu ke penjualnya apakah bakwan ini halal / tidak.

Bakwan Kapasari
Es Krim Chicago
Es krim ini juga cukup terkenal, rasa coklat, durian, mocca, vanilla tersedia untuk menyejukkan mulut Anda.

Es Krim Chicago
Sioke Siobak 123
Mohon maaf, ini khusus untuk rekan-rekan yang non Moslem, terletak di lantai dasar Pasar Atom, outlet ini menyajikan aneka Babi & Ayam Panggang sebagai menu andalan. Ada jasio babi manis, jasio madu, siobak babi asin, sioke ayam panggang dan nasi campur Hongkong.

Sioke Siobak 123
Cakue Peneleh
Ini salah satu jajanan yang terkenal di Surabaya, selain cakue juga menjual kue bantal, bacang dan aneka kue basah lainnya. Harga cakue berkisar Rp 2.500 / potong
Pasar Atom Lantai Dasar, Tel: (031) 70991778, 3534488

Cakue Peneleh

Kue Bantal
Serabi Solo
Kue serabi khas Solo dengan variasi rasa yang beraneka ragam seperti keju, coklat, dan nangka. Harganya bervariasi dari Rp 8.000 (polos), Rp 9.000 (nangka), Rp 10.000 (keju), Rp 11.000 (campur) & Rp 12.000 (special) per kotak, yang berisi 5 buah.

Serabi Solo
Kuweh Dollar Tjap Masin
Kue ini berbentuk bundar, garing (seperti kue semprong). Dijual dengan harga Rp 23.000 / kantong.
Pasar Atom Main Hall tahap I, III, lantai dasar. Telp 081330741580

Kuweh Dollar Tjap Masin
Beli oleh-oleh
Di lantai dasar juga terdapat beberapa penjual oleh-oleh snack kering, yang ditimbang kiloan. Harganya menurut kami lebih murah disini dibandingkan di Pasar Genteng, walaupun ragamnya tidak selengkap di Pasar Genteng.

Oleh-oleh khas Surabaya
Demikian beberapa tempat kuliner yang sempat kami kunjungi, silahkan ditambahkan masukkan jika ada tempat yang direkomendasikan, sehingga dapat membantu teman-teman untuk berburu makanan enak di Surabaya.

1 komentar: