Kamis, 17 Januari 2013

Di Istana, SBY dan JK Bahas Banjir Jakarta


Jusuf Kalla memberikan buku ke Presiden SBY (foto: Susi Fatimah/Okezone)
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan empat mata dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Presiden pagi tadi. JK sapaan akrab Jusuf Kalla mengatakan, dalam pertemuan tersebut membahas upaya penanganan banjir di Jabodetabek, khususnya yang melanda Jakarta beberapa hari terakhir.

"Saya bertemu bapak presiden bicarakan beberapa hal, antara lain melaporkan kegiatan PMI tangani bencana. Kedua, ada beberapa hal kami bicarakan kemungkinan perbaikan (dampak banjir) ke depan," ujar JK usai melakukan pertemuan, Jumat (18/1/2013).

JK sependapat dengan Presiden SBY terkait penyelesaian banjir yang harus segera dilakukan saat musim hujan berlangsung, bukan saat musim hujan berhenti. "Jangan nanti begitu selesai banjir orang lupa. Presiden akan ambil langkah yang segera. Justru pada hari-hari ini perbaikan infrastruktur," tutur Ketua Palang Merah Indonesia tersebut.

Dalam perbaikan infrastruktur itu, lanjut JK, tentu memerlukan banyak anggaran. Menurutnya, anggaran yang ada saat ini terlalu besar diberikan untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang sejatinya dinikmati oleh para kendaraan yang tiap harinya memasuki ruas jalan. Oleh karenanya, perlu dilakukan langkah untuk mengurangi angka subsidi tersebut.

"Anggaran kita terlalu besar subsidinya justru dinikmati orang yang macet di jalanan itu. Bagaimana uang itu jangan dihabiskan dimacet," kata pria asli Makassar ini.

Tak hanya membahas soal banjir Jakarta, dalam kesempatan itu JK juga mengundang Presiden SBY untuk hadir dalam Inagurasi Komodo yang akan berlangsung pada April mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar