Kamis, 24 Januari 2013

Sanksi Iran

Foto : Chuck Hagel, Presiden Obama & John Brennan (AP)
WASHINGTON - Dukungan para politisi Amerika Serikat (AS) terhadap calon Menteri Pertahanan Chuck Hagel kian meningkat. Peningkatan itu disaksikan usai Hagel menyuarakan dukungannya terhadap Israel dan sanksi Iran.

Senator Frank Lautenberg dari New Jersey, Joe Manchin dari Virginia, Chris Coons dari Delaware, dan Jeanne Shaheen dari New Hampshire telah mengadakan pertemuan dengan Hagel. Pertemuan itu ditujukan untuk memastikan komitmen Hagel terhadap keamanan Israel dan sanksi terhadap Iran.
"Senator Hagel mengklarifikasikan posisinya terhadap sanksi Iran dan dukungan ke Israel. Dan saya yakin, dia berkomitmen terhadap perkuatan hubungan AS dan Israel," ujar Lautenberg, seperti dikutip Associated Press, Jumat (25/1/2013).

Selain para Senator, 13 mantan Menhan AS dan para penasehat keamanan nasional turut melayangkan surat ke Senat agar mereka mendukung Hagel. Salah satu di antara mereka adalah mantan Menhan Robert Gates. Meski demikian, enam politisi Partai Republik menentang pencalonan Hagel sebagai Kepala Pentagon.

Hagel yang menjabat selama dua periode sebagai Senator Nebraska ditentang oleh sejumlah politisi Republik karena komentarnya terhadap kelompok lobi Yahudi di AS. Namun mayoritas politisi Demokrat mendukung Hagel secara terang-terangan.

Seperti diketahui Demokrat menguasai 55 kursi di Senat AS, sementara itu Republik hanya menduduki 45. Demokrat pun siap untuk mendukung nominasi Hagel sebagai Menhan.

"Chuck adalah seorang veteran perang dan pasukan yang memiliki penmahaman yang unik mengenai tantangan para pasukan kita. Dia juga merupakan seorang pemimpin yang mengetahui kebutuhan mengenai anggaran militer dan strategi keamanan nasional," ujar Senator Joe Manchin.

Calon Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga memuji sosok Hagel sebagai seorang veteran Perang Vietnam. Menurut Kerry, Hagel akan menjadi figur menhan yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar